Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, February 27, 2017

Lamunan Pekan Biasa VIII

Selasa, 28 Februari 2017

Markus 10:28-31

10:28 Berkatalah Petrus kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!"
10:29 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,
10:30 orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.
10:31 Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, hidup ini memang membutuhkan harta. Kalau sudah mampu memperoleh, orang akan menjaga dan berusaha mengembangkannya syukur dapat berlimpah.
  • Tampaknya, hidup ini juga membutuhkan penghargaan. Status dan kehormatan menjadi penting sehingga kalau sudah mendapatkannya orang akan menjaga agar tetap diperhitungkan dalam percaturan sosial.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, yang paling pokok adalah pengembangan sikap lepas bebas dengan menjaga diri setia pada nurani sehingga orang akan tetap mengalami keseimbangan jiwani entah ketika terpandang entah kala hilang dari percaturan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa status duniawi ini bukan satu-satunya sarana mendapatkan harga diri.
Ah, orang harus selalu berusaha selalu diperhitungkan agar hidupnya mudah meraih kesejahteraan.

0 comments:

Post a Comment