Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, February 1, 2017

Lingkungan Gergunung


"Wonten tamu saking Klaten badhe kepanggih Rama Bambang" (Ada tamu dari Klaten akan bertemu dengan Rm. Bambang) kata Pak Tukiran kepada Rm. Bambang yang sedang mengetik pada Jumat 27 Januari 2017 sekitar jam 14.00. Rm. Bambang berkata "Nggih, diaturi mriki" (Ya, dipersilahkan kesini) dan Pak Tukiran langsung menuju ruang tamu. Rm. Bambang menyiapkan diri di depan pintu kamarnya. Ketika para tamu masuk, begitu melihat Rm. Bambang beberapa langsung berjalan cepat menghampiri dan bergantian menjabat erat tangannya. Pak Tukiran segera mengambil beberapa kursi untuk para tamu yang berjumlah 13 orang. Mereka ditemui oleh Rm. Bambang di teras depan kamarnya sambil melihat pembangunan kapel.

"Niki pun rencana dangu je. Kangge ulang tahun Lingkungan, umat gadhah rencana tuwi rama" (Ini adalah rencana yang sudah lama dibuat. Untuk acara ulang tahun Lingkungan, umat berencana mengunjungi rama) salah satu tamu berbicara yang disahut oleh pertanyaan Rm. Bambang "Lingkungan ngendi?" (Lingkungan mana). Kemudian terjadi omongan antara para tamu dan Rm. Bambang "Lingkungan Santo Antonius" ... "Daerah ngendi?" (Daerah mana?) ... "Gergunung. Rumiyin jaman Rm.Bambang bagian saking Bramen" (Itu daerah Gergunung. Pada jaman Rm. Bambang, itu termasuk Bramen). Mereka juga berceritera bahwa di dalam rencana umat akan datang dengan bus besar. Tetapi ada informasi bus besar tak dapat sampai di Domus Pacis. Maka kini yang datang hanya perwakilan umat. Rm. Bambang memang pernah berkarya di Paroki Maria Assumpta Klaten pada tahun 1981-1982. Di Domus ada 2 rama lain yang juga pernah di Klaten, yaitu Rm. Joko dan Rm. Gito. Salah satu tamu kemudian berhasil membangunkan Rm. Gito yang kemudian bergabung. "Saiki aku dadi kanca meneh karo Rama Bambang" (Kini aku dapat berteman lagi serumah dengan Rm. Bambang) kata Rm. Gito yang selama di Klaten Rm. Bambang menjadi pastor pembantu beliau.


0 comments:

Post a Comment