Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, March 8, 2017

Lamunan Pekan Prapaskah I

Kamis, 9 Maret 2017

Matius 7:7-12

7:7. “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
7:9 Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,
7:10 atau memberi ular, jika ia meminta ikan?
7:11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”
7:12. “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk menata hubungan antar orang dalam hidup bersama, masyarakat memakai tata aturan. Hukum dan segala peraturan dibawahnya dipakai agar tak ada benturan kepentingan antar warga.
  • Tampaknya, dalam hidup keagamaan juga ada tata peraturan bahkan amanat-amanat kudus. Semua ini untuk pegangan umat menata kemauan agar menjadi baik dan benar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, setaat apapun terhadap segala tata aturan dan sesetia apapun terhadap segala rumusan-rumusan amanat kudus sehingga orang akan berusaha menjalani secara keseluruhan, dia akan mengalami kesulitan-kesulitan besar kalau tak memahami dan kemudian menjalani kunci pokoknya, yaitu melakukan sendiri apapun yang diharapkan dilakukan oleh orang lain baginya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjalani perbuatan yang diinginkan dijalani oleh pihak lain terhadapnya.
Ah, menjalani hukum itu ya harus hafal akan rumusan-rumusannya.

0 comments:

Post a Comment