Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, March 12, 2017

Sabda Hidup



Senin, 13 Maret 2017
Ludovikus drCasoria
warna liturgi Ungu
Bacaan
Dan. 9:4b-10; Mzm. 79:8,9,11,13; Luk. 6:36-38. BcO Ul 24:1-25:4

Lukas 6:36-38:
36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." 37 "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. 38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Renungan:
Waktu kecil di rumahku ada sumur. Sumur itu selalu menghadirkan air bening yang mencukupi kebutuhan keluargaku. Aku sering menimba airnya. Makin hari sumur itu makin tidak digunakan dan diganti dengan air PDAM. Kualitas air sumur pun makin menurun. Ia yang sudah jarang ditimba malah jadi kotor dan berbau.
Tuhan mengajak kita untuk selalu siap memberi. “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu” (Luk 6:38). Ketika kita iklas memberi Tuhan sendiri yang akan menggantinya dengan kelimpahan.
Sumur yang selalu ditimba memberikan air yang segar. Ketika jarang ditimba malah kotor dan berbau. Ketika kita rela memberi kita malah akan segar. Sebaliknya ketika kita pelit maka kita pun kehilangan kesegaran tersebut. Tuhan akan melimpahkan berkat pada mereka yang murah hati.

Kontemplasi:
Bayangkan kesegaran orang yang suka memberi dan murah hati.

Refleksi:
Tulislah pengalamanmu memberi.

Doa:
Tuhan semoga aku mempunyai hati yang rela memberi. Aku percaya Engkau menambahkan kenampuanku untuk itu. Amin.

Perutusan:
Aku akan membangun sikap murah hati. -nasp-

0 comments:

Post a Comment