Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, March 1, 2017

Sabda Hidup


Kamis, 02 Maret 2017
Agnes dr Praha
warna liturgi Ungu 
Bacaan
Ul. 30:15-20; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 9:22-25. BcO Kel 1:1-22

Lukas 9:22-25:
22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga." 23 Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Renungan:
Dalam banyak film dikisahkan bagaimana orang mengejar kehidupan abadi. Mereka mengerahkan segala harta dan kemampuannya untuk mendapatkan formula bagi keabadiannya. Namun dari seluruh film yang ada tak ada satupun yang berhasil. Mereka tidak mampu mencapai keabadian tersebut.
Yesus pun bersabda, “barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya” ( Luk 9:24). Baginya berusaha menjaga keabadian bukanlah hal yang perlu dilakukan. Yang lebih penting adalah hidup selaras dengan kehendak Bapa dan bertekun pada perutusan-Nya. Mereka yang mau menyelamatkan nyawa akan kehilangan nyawanya dan yang kehilangan nyawa karena Dia akan menyelamatkan.
Hidup kita adalah perutusan. Kita hadir di dunia karena dipanggil menjadi rekan kerja Allah membawa dunia pada keselamatan. Maka kesetiaan kita pada perutusan Allah itu menjadi kunci keselamatan kita. Allah akan menghidupkan mereka yang setia kepada-Nya walau maut telah menjemput.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu. Hadirkan perutusan Tuhan terhadap dirimu.

Refleksi:
Bagaimana menjaga kesetiaan melaksanakan perutusan Tuhan?

Doa:
Bapa aku ingin setia pada-Mu. Jagailah aku supaya terbebas dari godaan untuk tidak setia. Amin.

Perutusan:
Aku akan menjaga kesetiaanku pada perutusanku. -nasp-

0 comments:

Post a Comment