Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, March 21, 2017

Lamunan Pekan Prapaskah III

Rabu, 22 Maret 2017

Matius 5:17-17

5:17. "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.
5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
5:19 Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat merasa aman kalau beres dalam hal aturan. Dia secara tertib menjadi pelaku disiplin berbagai aturan.
  • Tampaknya, orang juga dapat berbangga hati kalau tidak pernah menjadi pelanggar hukum. Dia dapat merasa beres dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun amat tertib sekali dalam menjalani berbagai tata peraturan, kalau itu hanya karena tulisan atau kebiasaan yang berlaku untuk umum, orang belum akan menghayati kebahagiaan sejati yang berasal dari jiwa dibalik berbagai peraturan yang menekankan penghargaan martabat sesama manusia. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan menghayati hidup beragama hanya secara lahiriah tetapi akan masuk ke perjumpaan batiniah dengan Tuhan.
Ah, hidup bersama itu yang pokok adalah menjalani aturan-aturan umum.

0 comments:

Post a Comment