Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, March 6, 2017

Sabda Hidup


Selasa, 07 Maret 2017                
Perpetua dan Felisitas
warna liturgi Ungu 
Bacaan
Yes. 55:10-11; Mzm. 34:4-5,6-7,16-17,18-19; Mat. 6:7-15. BcO Ul 9:7-21,25-29

Matius 6:7-15:
7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) 14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Renungan:
Beberapa waktu yang lalu para menteri diminta membatasi pidatonya dengan waktu maksimal 8 menit. Dalam kesempatan yang lain para imam diminta untuk membatasi kotbahnya selama 12 menit. Mungkin ini bisa menjadi guyon. Namun kalau kita dalami rasanya ajakan ini mau nembawa kita untuk menyampaikan inti yang mau kita sampaikan.
Yesus pun mengajak kita untuk tidak bertele-tele kala berdoa. “doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah” (Mat 6:7). Tuhan pun ingin kita langsung masuk kepada inti persoalan yang mau kita angkat.
Seseorang yang saling kenal akan mudah menangkap maksud satu sama lain walau katanya singkat dan terbatas. Semakin kita mengenalnya semakin sederhana dan singkat kata dan kalimat kita. Semakin kita mengenal apa yang mau kita sampaikan kita pun semakin mampu membatasi waktu kita.

Kontemplasi:
Bayangkan dirimu harus presentasi dengan dibatasi maksimal 5 menit.

Refleksi:
Bagaimana caranya bisa menyampaikan banyak hal dalam waktu singkat.

Doa:
Tuhan bantulah aku untuk mengenali dengan baik hal-hal yang penting dalam hidupku. Semoga aku bisa menyampakikan banyak hal dengan tepat dalam waktu yang singkat. Amin.

Perutusan:
Aku akan berusaha memadatkan pengenalanku terhadap segala sesuatu yang akan kusampaikan. -nasp-

0 comments:

Post a Comment