Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, March 12, 2017

Lamunan Pekan Prapaskah II

Senin, 13 Maret 2017

Lukas 6:36-38

6:36 Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati."
6:37. "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.
6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, sikap murah hati menjadi keutamaan yang dipuji oleh banyak orang. Dengan bermurah hati orang rela berkorban demi kebaikan orang lain.
  • Tampaknya, sikap murah hati membuat orang ikhlas mengalami kekurangan dari harta miliknya. Orang mau mengurangi bahkan melepas barang atau harta untuk membantu orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sebanyak apapun harta dilepas dan uang diberikan untuk membantu orang lain, hal ini dapat terkotori oleh maksud egoistik sehingga tidak menjadi sungguh murah hati kalau tidak dilandasi oleh jiwa tak mudah menjelekkan pihak lain dan mudah mengampuni yang bersalah kepadanya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengaitkan tindakan murah hati dengan sikap terbuka pada orang lain termasuk yang bersikap buruk bahkan memusuhi.
Ah, murah hati itu ya dengan mereka yang baikan dengan kita.

0 comments:

Post a Comment