Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, March 3, 2017

Lamunan sesudah Rabu Abu

Sabtu, 4 Maret 2017

Lukas 5:27-32

5:27. Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"
5:28 Maka berdirilah Lewi dan meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Dia.
5:29 Dan Lewi mengadakan suatu perjamuan besar untuk Dia di rumahnya dan sejumlah besar pemungut cukai dan orang-orang lain turut makan bersama-sama dengan Dia.
5:30 Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat bersungut-sungut kepada murid-murid Yesus, katanya: "Mengapa kamu makan dan minum bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
5:31 Lalu jawab Yesus kepada mereka, kata-Nya: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit;
5:32 Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dalam masa puasa orang beragama dihadapkan pada berbagai kegiatan. Ada kegiatan memperbanyak doa, kegiatan memperdalam iman, kegiatan mengurangi makan minum, dan kegiatan berdana untuk yang papa.
  • Tampaknya, di dalam Gereja Katolik untuk menjalani kegiatan-kegiatan itu agama menyediakan tata aturan bahkan buku-buku panduan. Umat yang serius akan menjalani apapun yang ditentukan oleh Gereja.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, setaat dan setekun apapun orang menjalani apapun yang ditata dalam masa puasa keagamaan, dia belum sungguh menghayati kesejatian puasa kalau belum berjuang menyelaraskan diri dengan panggilan ilahi dalam nurani yang mengajak terbuka bergaul dengan kalangan yang kena penyakit sosial untuk membawa suasana pendorong keterbukaan hati pada ajakan nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan peka dan jalani panggilan suara nurani.
Ah, sikap terbuka itu adalah dengan berbagai jaringan yang dapat menambah penghasilan.

0 comments:

Post a Comment