Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, March 23, 2017

Lamunan Pekan Prapaskah III

Jumat, 24 Maret 2017

Markus 12:28b-34

12:28b. Lalu seorang ahli Taurat ….. datang kepada-Nya dan bertanya: "Hukum manakah yang paling utama?"
12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini."
12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.
12:33 Memang mengasihi Dia dengan segenap hati dan dengan segenap pengertian dan dengan segenap kekuatan, dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah jauh lebih utama dari pada semua korban bakaran dan korban sembelihan."
12:34 Yesus melihat, bagaimana bijaksananya jawab orang itu, dan Ia berkata kepadanya: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!" Dan seorangpun tidak berani lagi menanyakan sesuatu kepada Yesus.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa ber-Tuhan itu berarti mematuhi perintah dan larangan keagamaan. Orang harus tahu aturan-aturan dalam agamanya.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa pengahayatan ke-Tuhan-an seseorang tergantung pada serius atau tidaknya dalam ketaatan menjalani aturan-aturan agama. Aturan-aturan keagamaan menjadi tempat bergantung orang untuk berhubungan dengan Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, hubungan dengan Tuhan selalu berkaitan dengan apapun yang ada dalam diri manusia dan ini menjadi daya dorong seseorang berkepeduli kasih lewat tanda dan sarana pelaksanaan tata aturan yang ada dalam agama. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati dan mewujudkan keutamaan kasih dalam menjalani aturan-aturan keagamaan.
Ah, beragama itu ya taat aturannya.

0 comments:

Post a Comment