Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 3, 2018

Lamunan Pekan Biasa XIII

Rabu, 4 Juli 2018

Matius 8:28-34

8:28. Setibanya di seberang, yaitu di daerah orang Gadara, datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan menemui Yesus. Mereka sangat berbahaya, sehingga tidak seorangpun yang berani melalui jalan itu.
8:29 Dan mereka itupun berteriak, katanya: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau ke mari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"
8:30 Tidak jauh dari mereka itu sejumlah besar babi sedang mencari makan.
8:31 Maka setan-setan itu meminta kepada-Nya, katanya: "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu."
8:32 Yesus berkata kepada mereka: "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau dan mati di dalam air.
8:33 Maka larilah penjaga-penjaga babi itu dan setibanya di kota, diceriterakannyalah segala sesuatu, juga tentang orang-orang yang kerasukan setan itu.
8:34 Maka keluarlah seluruh kota mendapatkan Yesus dan setelah mereka berjumpa dengan Dia, merekapun mendesak, supaya Ia meninggalkan daerah mereka.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang tahu bahwa manusia merupakan satu di antara berbagai ciptaan Tuhan. Dibandingkan dengan barang benda, tumbuhan, dan hewan, manusia menjadi ciptaan paling istimewa.
  • Tampaknya, meskipun menjadi ciptaan paling istimewa manusia tetap memiliki kelemahan dan kekurangan sehingga ada yang bilang bahwa manusia adalah tempat terjadinya kesalahan sedang Tuhan tempat segala kebenaran. Bila jatuh dalam perbuatan buruk dan bahkan dosa, orang dapat mengatakan itu manusiawi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun memiliki berbagai kelemahan sehingga dapat berbuat salah, tetapi kalau keburukannya terjadi karena abai terhadap suara nurani, itu bukan manusiawi tetapi hewani karena merosot dari martabatnya sebagai yang ambil bagian dalam roh ilahi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjaga diri dengan berjuang menjadi pelaku suara nurani.
Ah, asal beragama orang akan terhindar dari tindakan jahat.

0 comments:

Post a Comment