Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, July 18, 2018

Tersembunyi bagi Orang Pandai; Dinyatakan kepada Anak Kecil


Rabu, 18 Juli 2018
Pekan Biasa XV
Mateus 11:25-27

Tiga dari tujuh karunia Roh Kudus adalah kebijaksanaan, pengetahuan, dan pengertian. Kalau dalam Injil hari ini Yesus berbicara tentang kebenaran Kerajaan Allah yang tersembunyi bagi orang bijak dan pandai, maksudnya kiranya sebagai berikut. Orang-orang yang hanya bangga dengan egonya demi mencari tujuannya sendiri itulah yang dimaksudkan Yesus. Misteri-misteri Tuhan dengan demikian tersembunyi bagi mereka justru karena mereka telah memusatkan hati dan pikiran mereka pada diri mereka sendiri sebagai kebaikan tertinggi. Bahkan mereka menuhankan diri mereka sendiri dan gagasan-gagasannya sendiri untuk membenarkan diri sendiri dengan menolak keberadaan Tuhan. Pada akhirnya, merekalah yang menutup pintu kepada Tuhan meski Tuhan tidak akan pernah menutup pintu bagi mereka.

Tuhan selalu membuka dan mengungkapkan rahasia kasihNya dan misteri KerajaanNya kepada manusia sebagai anak-anakNya. Maka Yesus menegaskan kembali kebenaran dasar ini dengan cara lain, "Jika kamu tidak berubah dan menjadi seperti anak kecil, kamu tidak akan pernah masuk ke dalam Kerajaan Surga" (Matius 18: 3). Dan karena itu, dalam Injil hari ini, Yesus bersyukur kepada BapaNya sebab telah menyatakan misteri KerajaanNya kepada orang kecil. Anak-anak tidak secara alami rumit dan penuh tipu daya. Mereka tidak bersembunyi di balik topeng dan mengembangkan tipuan. Kita harus berusaha untuk tulus dengan Tuhan kita dan tulus dengan diri kita sendiri, berusaha menyenangkan Dia di atas segalanya.
Ya Tuhan, pengetahuan tentang Allah sebagai Bapa, dan Dikau sebagai Putra adalah karunia Roh Kudus. Itulah jawaban kepada manusia yang memiliki kerinduan terdalam di hati untuk kebahagiaan. Berilah aku rahmat untuk memiliki kebijaksanaan dan pengetahuan yang datang dari persatuan dengan Dikau sebagai Anak-anak Bapa di surga. Anugerahilah aku kasihMu agar mampu mengasihi Dikau dan sesama selamanya. Amin.

JoharT Wurlirang, 18/7/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶
Aloys budi purnomo Pr

Sent from my heart of abudhenkpr
"abdi Dalem palawija"
Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan;
Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang;
Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang.

0 comments:

Post a Comment