Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, July 6, 2018

Lamunan Pekan Biasa XIII

Sabtu, 7 Juli 2018

Matius 9:14-17

9:14. Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?"
9:15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa.
9:16 Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya.
9:17 Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat berpandangan bahwa di dalam yang tradisional orang menemukan nilai-nilai kehidupan. Nilai-nilai ini dapat hilang bahkan rusak karena modernisasi global.
  • Tampaknya, orang dapat berpandangan bahwa di dalam era global orang selalu dipacu untuk bervisi sehingga berorientasi ke masa depan. Sikap dan tindakan untuk maju dapat terhalang oleh pandangan-pandangan tradisional yang orientasinya masa lampau.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tradisi itu dari masa lalu dan globalisasi berpikir ke depan, keduanya dapat menjadi sumbangsih generasi lama dan baru yang memperkaya satu sama lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa keterbukaan antar generasi akan membuat kekokohan hidup yang dinamis penuh kreativitas.
Ah, kreativitas itu harus diwaspadai agar tak merusak yang sejak dulu sudah baik.

0 comments:

Post a Comment