Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, August 17, 2018

Lamunan Pekan Biasa XIX

Sabtu, 18 Agustus 2018

Matius 19:13-15

19:13. Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
19:14 Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga."
19:15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang tua harus berfokus mendampingi anak-anak ketika mereka masih remaja. Masa remaja adalah masa pancaroba yang kalau tak hati-hati dapat membuat remaja salah jalan.
  • Tampaknya, tidak sedikit orang tua harus menata kehidupan keluarga ketika anak-anak masuk dalam dunia pendidikan akademis. Untuk sekolah dan kuliah orang harus menyediakan uang yang tidak sedikit.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun masa remaja dan muda akan menghadirkan pengalaman hidup yang mengesan, pendampingan terpenting adalah ketika belum sekolah karena masa kanak-kanak adalah fondasi segala penghayatan hidup selanjutnya sehingga amat menentukan sebagai bangunan seluruh kehidupan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari bahwa masa kanak-kanak adalah masa paling berharga dalam pembentukan sikap keterbukaan pada nurani.
Ah, yang paling harus diperhatikan adalah kalau orang sudah lansia karena sudah rentan terhadap banyak hal.

0 comments:

Post a Comment