Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 19, 2018

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Bernardus, Abas dan Pujangga Gereja
Senin, 20 Agustus 2018

Matius 19:16-22

19:16. Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
19:18 Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
19:20 Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
19:21 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup harian yang baik akan memiliki tanda-tanda. Yang disebut baik akan tampak dengan tanda-tanda yang menyertainya.
  • Tampaknya, di dalam kehidupan bernegara dan beragama yang baik akan dikaitkan dengan tatanan yang ada. Orang disebut baik kalau mentaati dan menjalani tata aturan di dalamnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun ada macam-macam orang dan hal disebut baik menurut syarat-syarat yang menyertainya, itu semua hanya sungguh menjadi kebaikan kalau menjadi pancaran ilahi yang pada hakikatnya merupakan satu-satunya kebaikan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam keadaan apapun orang akan baik kalau melandaskan hidup pada pelukan nurani.
Ah, yang baik itu pasti menghasilnya banyak uang.

0 comments:

Post a Comment