Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 19, 2013

Lamunan Pesta Wajib


Santo Andreas Kim Taegon, Imam dan Paulus Chong Hasang, dan kawan-kawan Martir Korea
Jumat, 20 September 2013

Lukas 8:1-3

8:1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia,
8:2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat,
8:3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dalam zaman apa pun perbedaan status masih mewarnai kehidupan masyarakat umum termasuk kehidupan keagamaan. Orang-orang yang memiliki kedudukan sebagai pemimpin, pengurus, dan tokoh mendapatkan penghormatan yang tidak didapat oleh masyarakat pada umumnya.
  • Tampaknya, seorang tokoh besar ke mana-mana akan didampingi oleh orang-orang yang memiliki status istimewa di tengah-tengah kehidupan bersama. Masyarakat umum yang tidak memiliki status terpandang tidak akan ada dan berperan dekat dengan sang pembesar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa dalam yang ilahi orang akan dihargai berdasar pada kadar keterbukaan relung hati untuk peduli dan bertindak dalam perjuangan demi kebaikan umum. Sekalipun tidak memiliki status sosial sekecil apapun bahkan bekas batu sandungan masyarakat, bila berhati demikian orang akan tercatat harum di tulisan mulia dan dikenang sepanjang masa.
Ah, untuk apa memberi penghargaan khusus pada orang-orang kecil yang tak beri keuntungan?!

0 comments:

Post a Comment