Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, September 21, 2013

RUANG CUCI


Dalam perkembangan hingga kini Domus Pacis tidak lagi menjadi tempat terasing dan sepi. Apalagi bagi para rama, rumah ini sudah bukan menjadi tempat yang tidak menyenangkan serasa tahanan. Para rama penghuninya sungguh merasakan hidup bersama sebagai komunitas yang makin segar. Sekalipun tidak berada di tengah karya paroki, Komunitas Rama Domus Pacis kini dapat merasakan kehidupan Gerejawi karena ikatan dengan berbagai jaringan kelompok-kelompok dan perorangan warga Katolik. Sebagai komunitas rama tua, para Rama Domus Pacis tetap dapat ikut ambil bagian dalam kehidupan Gereja. Berada di Domus Pacis tidak lagi masuk dalam derita kesepian dan kekurangterjaminan. Domus Pacis telah menjadi salah satu tempat di mana orang merasakan kegembiraan dan pengembangan iman.

Suasana Domus seperti itu ternyata juga mengundang hadirnya tamu-tamu yang sering menginap. Komunitas Rama Domus Pacis kini dapat menerima tamu dengan sesgala sajiannya seperti kamar tidur dengan perlengkapan mandi, dan juga sajian makan-minum sing berkecukupan. Hal ini ternyata menyebabkan ketersediaan 10 kamar tidur menjadi kurang. Kini Domus Pacis hanya memiliki 1 buah kamar tidur untuk menerima tamu. Delapan kamar memang ditempati oleh penghuni 7 orang rama dan 1 karyawan. Tetapi 1 buah kamar tidur bertahun-tahun telah menjadi ruang cuci dan setrika. Sebenarnya secara tekhnis memindah tempat cuci pakaian dan mensetrikanya tidaklah sulit. Tetapi berkaitan dengan sikap orang yang menjadi tukang cuci, pemindahan membutuhkan proses yang tidak sebentar. Kebiasaan yang sudah tertanam bertahun-tahun untuk bekerja dalam sebuah kamar tidak mudah untuk merubahnya. Seperti dulu merubah tempat makan dari sajian di masing-masing kamar para rama ke ruang makan bersama, hal itu membutuhkan waktu 14 bulan. Ini baru merubahnya. Untuk menjalaninya secara enak bagi yang sudah biasa mengerjakan sajian, hal ini juga membutuhkan proses. Dalam hal ruang cuci, wacana pemindahan sudah dibicarakan dan disoalkan cukup lama. Ruang cuci akan dipindahkan di luar bangunan induk Domus Pacis. Dan sesudah setahun lebih diwacanakan, beberapa minggu ini ada beberapa tukang yang bekerja membuat ruang cuci. Ruang ini akan berada di tanah bawah sebelah barat Kantor Komsos KAS. Proses lambat amat menguntungkan untuk mengubah rasa kebiasaan. Hal ini didukung oleh adanya anggaran keuangan yang dikumpulkan secara pelan-pelan oleh Komunitas Rama Domus Pacis. Sebentar lagi ruang cuci akan selesai. Maka sebentar lagi kamar untuk menerima tamu akan bertambah.

0 comments:

Post a Comment