Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, April 5, 2017

Bagaimana Kehidupan Lansia di Rusia?

diambil dari http://indonesia.rbth.com/discover_russia

29 Oktober 2015 Marina Obrazkova, RBTH
PBB menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Orang Lanjut Usia Internasional. Koresponden RBTH akan menjelaskan siapa sajakah yang dapat disebut sebagai orang lanjut usia di Rusia dan bagaimana kehidupan mereka.

Berapa batas usia seseorang untuk berhak menerima tunjangan hari tua di Rusia?

Di Rusia, istilah tunjangan hari tua muncul pada tahun 1932. Pada saat itu, batas usia kerja bagi perempuan adalah 55 tahun, sedangkan bagi laki-laki adalah 60 tahun. Namun, pada kondisi kerja tertentu yang berat, batas usia tersebut dikurangi.

Berapa banyak warga pensiunan di Rusia?

Pada tahun 2014, warga yang menerima tunjangan hari tua tercatat sebanyak 34 juta jiwa. Menurut Komite Statistik Negara, penduduk Rusia dengan usia produktif secara aktif mengubah status bekerja mereka dengan status pensiun dini. Tren ini dapat diamati di seluruh dunia, tetapi di Rusia fenomena ini terlihat jelas. Pada tahun 2015, setiap satu dari empat warga Rusia adalah pensiunan aktif dan satu dari empat lainnya adalah pensiunan nonaktif.

Apakah jaminan finansial bagi mereka?

Undang-undang Rusia hingga saat ini tidak memiliki dana tunjangan hari tua minimum. Selain itu, tunjangan hari tua minimum kerap kali lebih rendah dari biaya kebutuhan hidup minimum. Tunjangan hari tua minimum juga dipengaruhi oleh wilayah tempat seseorang menerima dana tersebut. Jumlah dana tunjangan ini di berbagai belahan Rusia dapat sangat bervariasi.

Bagi pensiunan Moskow pada tahun 2015, tunjangan hari tua minimum diatur dengan jumlah 9.046 rubel (139 dolar AS), untuk kota Sankt Peteburg 6.621 (101 dolar AS), di Krasnodar 6.735 rubel  (103 dolar AS), sedangkan di Sverdlovsk 7.161 rubel (110 dolar AS). Namun, jika diambil secara rata-rata, besarnya tunjangan hari tua di Rusia adalah sebesar 7.476 rubel (115 dolar AS).

Bagaimana para pensiunan dapat mandiri?

Sebagaimana yang dijelaskan Direktur Pusat Metodologi Penelitian Federal Akademi Kepresidenan Rusia untuk Ekonomi Nasional dan Administrasi Publik (RANHiGS) Dmitry Rogozin, terlepas dari tunjangan hari tua yang rendah, terjadi pula fenomena saat generasi tua justru membantu yang lebih muda secara materi, meskipun yang dianjurkan adalah yang sebaliknya. “Orang-orang berusaha menjadi mandiri dan sebisa mungkin tidak menerima bantuan. Oleh karena itu, hal tersebut tidak bergantung pada besarnya tunjangan hari tua mereka,” ujar Rogozin.

Apa saja tantangan bagi para pensiunan Rusia?

Orang tua di Rusia memiliki beberapa masalah mendasar, yaitu sulitnya mencari pekerjaan, kurangnya komunikasi dan pelayanan sosial, serta rendahnya kualitas pelayanan kesehatan.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Umum Yayasan Amal Elena dan Gennady Timchenko, Maria Morozova, bahkan organisasi masyarakat yang juga berurusan dengan masalah yang dihadapi para pensiunan kerap memberikan penilaian sebelah mata kepada para pensiunan. Secara khusus, di Sankt Petersburg, tempat sebagian besar jumlah pensiunan memiliki pendidikan tinggi dan sebelum memasuki masa pensiun pernah menjabat posisi yang baik, mereka ditawari pekerjaan sebagai penjaga karcis atau penjaga penitipan barang.

“Saya bertanya kepada mereka mengapa mereka tidak memanfaatkan potensi intelektual mereka. Ternyata, mereka bahkan tidak terpikirkan mengenai hal tersebut sehingga ini seakan-akan mengonfirmasi stereotip bahwa pensiunan hanya dapat melakukan pekerjaan yang sederhana dengan bayaran rendah yang biasanya enggan dilakoni orang usia produktif.”

Kerangka Peraturan

Atas inisiatif Presiden Vladimir Putin, sebuah strategi bagi kepentingan warga senior hingga tahun 2025 telah disiapkan.

Sebuah dokumen yang berisi petunjuk utama dari kebijakan sosial negara dalam kaitannya dengan warga senior telah disusun. Secara khusus, kuncinya adalah untuk meningkatkan rentang hidup, tingkat dan kualitas hidup warga senior, serta merangsang umur panjang yang aktif bagi warga senior serta integrasi sosial dan ekonomi mereka dalam kehidupan bermasyarakat.

0 comments:

Post a Comment