Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, April 25, 2017

Lamunan Oktaf Paskah

Sabtu, 22 April 2017

Markus 16:9-15

16:9. Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
16:10 Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
16:11 Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.
16:12 Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
16:13 Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.
16:14. Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.”

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa untuk memperdalam hidup rohani orang harus tekun beragama. Dia akan memperbanyak doa, renungan, dan membaca buku-buku keagamaan.
  • Tampaknya, untuk sungguh fokus pada hidup rohani orang harus tidak mengutamakan hal-hal duniawi. Makan dan minum pun selayaknya dijauhi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, setekun apapun menjalani dan mendalami agama, itu belum sungguh olah rohani kalau belum membuat orang menyadari dan makin bisa menghayati kehadiran penyertaan Tuhan di dalam kehidupan kongkret bahkan dalam kebiasaan harian seperti makan dan minum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan relung hati orang selalu merasakan rahmat ilahi dalam setiap kejadian sebiasa dan sekecil apapun.
Ah, dengan beragama secara otomatis orang mengutamakan hidup rohani.

0 comments:

Post a Comment