Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, April 25, 2017

Lamunan Pekan Paskah II


Rabu, 26 April 2017

Yohanes 3:16-21

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
3:19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
3:20 Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;
3:21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada yang menggambarkan bahwa orang sudah benar kalau hidupnya sesuai dengan adat yang diterima umum. Dia menata perilakunya agar tidak bertentangan dengan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterima turun-temurun.
  • Tampaknya, ada juga yang menggambarkan bahwa orang sudah benar kalau mentaati segala tata peraturan sesuai tempat di mana dia hidup. Dia akan menjaga diri agar tidak melanggar peraturan-peraturan yang berlaku.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sedisiplin apapun orang menjalani adat kebiasaan dan peraturan umum, kalau perilakunya tidak mengalir dari dan dapat menuju pada cahaya nurani yang buahnya selalu menghadirkan keceriaan dalam perbuatan, dia belum sungguh menjalani kebenaran. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mendasarkan segala perbuatan pada amanat nurani.
Ah, yang benar adalah yang tidak mengganggu orang lain.

0 comments:

Post a Comment