Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, November 22, 2018

Lamunan Pekan Biasa XXXIII

Jumat, 23 November 2018

Lukas 19:45-48

19:45 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ,
19:46 kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."
19:47 Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia,
19:48 tetapi mereka tidak tahu, bagaimana harus melakukannya, sebab seluruh rakyat terpikat kepada-Nya dan ingin mendengarkan Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, agama-agama yang memiliki aneka kelompok dan organisasi akan memiliki kegiatan-kegiatan dan membutuhkan berbagai sarana dan prasarana fasilitas. Semua ini tentu membutuhkan pembeayaan.
  • Tampaknya, demi kemajuan hidup beragama lewat kegiatan-kegiatan dan berbagai fasilitasnya, layaklah kalau agama juga memiliki kegiatan pengumpulan dana. Bahkan ada juga kewajiban bersedekah di dalam agama-agama tertentu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, kalau dalam hidup beragama orang berkonsentrasi memperbanyak uang, tak berani rugi uang, bahkan dengan cara-cara model bisnis mencari kelimpahan uang, agama sudah menjadi sarang orang berjiwa rampok. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati sekalipun membutuhkan uang untuk pembeayaan, kehidupan beragama tetap menjadi ajakan kegiatan membangun dan mengembangkan hati mesra ber-Tuhan dan terbuka bergaul.
Ah, agama yang sungguh hidup dan terjaga hidupnya akan memiliki dana abadi.

0 comments:

Post a Comment