Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 30, 2018

Lamunan Peringatan Wajib

Beato Dionisius dan Beato Redemptus, Biarawan dan Martir
Sabtu, 1 Desember 2018

Lukas 21:34-36

21:34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
21:35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
21:36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, semua orang akan setuju kalau yang namanya makan dan makanan adalah hal dasar untuk menjaga kesegaran badan. Bahkan dalam kehidupan manusia pangan adalah kebutuhan dasar.
  • Tampaknya, makin maju seseorang makin pandailah dia mengolah dan menemukan model-model makanan yang tidak sekedar menjadi asupan badan. Model-model kuliner dapat menjadikan makanan bagaikan kenikmatan dan kebanggaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun pangan dan berbagai asupan duniawi dibutuhkan, orang tak akan terpenjara oleh selera enaknya masakan tertentu bahkan berjuang selalu menikmatinya sehingga dapat berganti pola lain kalau tubuh berada dalam kondisi berbahaya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyantap berbagai asupan yang sesuai dengan perkembangan keadaan badan sehingga tak dikalahkan oleh selera kenikmatan tertentu.
Ah, yang menyegarkan itu ya yang sesuai dengan selera.

0 comments:

Post a Comment