Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, November 21, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Sesilia, Perawan dan Martir
Jumat, 22 Okober 2019

Lukas 19:45-48

19:45 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ,
19:46 kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."
19:47 Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia,
19:48 tetapi mereka tidak tahu, bagaimana harus melakukannya, sebab seluruh rakyat terpikat kepada-Nya dan ingin mendengarkan Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, walau sebagai lahan khusus untuk urusan hubungan dengan Tuhan, agama tetap membutuhkan beaya. Untuk pengadaan dan pemeliharaan sarana prasarana serta kebutuhan ketenagaan, dalam agama harus tersedia uang.
  • Tampaknya, adalah wajar kalau agama juga mengadakan penghimpunan dana. Bahkan di dalam agama ada pula kewajiban bagi umatnya untuk membayar berbagai iuran.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun membutuhkan uang untuk menopang kebutuhan-kebutuhan yang harus dibeayai, agama dapat jatuh menjadi lahan mencari keuntungan finansial kalau lalai menjadi tanda dan sarana pengembangan hubungan mesra dengan nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa dalam urusan keuangan agama bukanlah perusahaan sehingga selalu bercorak nirlaba.
Ah, sekalipun agama dalam urusan uang selalu harus ada saldo sehingga harus cari keuntungan.

0 comments:

Post a Comment