Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 10, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Martinus dari Tours, Uskup
Senin, 11 November 2019

Lukas 17:1-6

17:1. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya.
17:2 Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini.
17:3 Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia.
17:4 Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia."
17:5 Lalu kata rasul-rasul itu kepada Tuhan: "Tambahkanlah iman kami!"
17:6 Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang baik akan menjaga lingkungan hidupnya berada dalam situasi dan kondisi baik. Dia akan membantu orang-orang dekatnya untuk berkembang dalam kebaikan.
  • Tampaknya, orang baik akan menjaga lingkungan hidupnya terhindar dari berbagai keburukan. Dia tidak akan ragu untuk menegor orang di lingkungannya yang berperilaku buruk.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun memiliki perhatian mengembangkan kebaikan bersama dan tak ragu menasihati yang buruk, orang baru sungguh dapat menegor keburukan orang lain kalau mampu menegor diri dalam kesalahan diri. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sungguh mampu menjaga lingkungan pergaulan dari perilaku buruk karena sungguh mampu menjaga perilakunya sendiri.
Ah, ngapain ngurus orang lain yang amburadul.

0 comments:

Post a Comment