Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 29, 2019

Lamunan Pesta

Santo Andreas, Rasul
Sabtu, 30 November 2019

Matius 4:18-22

4:18. Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
4:19 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.
4:21 Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka
4:22 dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit yang mengidentikan beriman dengan kehidupan keagamaan. Orang beriman terutama rajin menjalani kegiatan-kegiatan agama.
  • Tampaknya, tidak sedikit yang menggambarkan bahwa pewarta iman adalah sosok yang rajin mengajar dan mempromosikan agama. Pada masa kini ada pendidikan khusus untuk menjadi pewarta iman profesional.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun menguasai ilmu ketuhanan sebagai agamawan, orang belum tentu mampu menjadi pewarta sejati hidup beriman kalau tidak menghayati hidup demi kemanusiaan dalam kesibukan hariannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menjadi sosok beriman sejati karena menjadi taat pada nurani yang terwujud dalam perjuangan kemanusiaan lewat kesibukan hariannya.
Ah, pewarta iman itu yang pandai berceramah agama.

0 comments:

Post a Comment