Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, April 9, 2013

DAPAT GANDHULAN

Kata gandhulan adalah istilah Jawa dalam khasanah kendhuri atau doa bersama. Dalam doa bersama tradisional Jawa setiap peserta akan mendapatkan satu paket konsumsi porsi makan (nasi dengan lauk dan perlengkapan lain). Sedang warga yang tidak ikut datang akan mendapatkan bagian yang diantar entah oleh keluarga yang punya hajat entah dititipkan ke peserta kendhuri. Bagian konsumsi untuk warga yang tidak datang inilah yang disebut dengan istilah gandhulan.

Kemarin sore, Selasa 9 April 2013 sekitar jam 4.30, dokter Prawito mengantar dos makan dan dos snak serta kipas kenangan sebanyak masing-masing 7 buah untuk para rama Domus Pacis. Kesemuanya ini terjadi karena dr. Prawito mengadakan peringatan 7 hari arwah kakaknya. Para rama Domus Pacis kerap mendapat gandhulan dari para tetangga yang mengadakan kenduri. Tentu saja hal ini berarti Komunitas Rama Domus Pacis diterima menjadi bagian dari komunitas sosial baik umat Katolik maupun masyarakat kampung pada umumnya.

0 comments:

Post a Comment