Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, April 28, 2013

Sabda Hidup
Senin, 29 April 2013
Peringatan Wajib St. Katarina dr Siena
Warna Liturgi Putih
Bacaan
Kis. 14:5-18; Mzm. 115:1-2,3-4,15-16; Yoh. 14:21-26

Bacaan Injil Yoh. 14:21-26
21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." 22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: "Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?" 23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. 24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. 25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Renungan
Wayne Rooney seorang pemain sepakbola dari MU dikenal sebagai pemain yang sangat Katolik. Isterinya seorang katolik taat juga. Di aneka macam pembatasan mengekspresikan iman katoliknya dia menggunakan kalung rosario pada saat latihan, dan selalu menyempatkan diri berdoa setelah latihan pemanasan. Di dalam doanya dia tidak berdoa agar mencetak banyak gol tapi agar semua pemain dapat bermain dengan baik dan sehat.
Di antara mayoritas agama lain dan fasilitas pada agama lain, dia sebagai orang katolik berusaha menyatakan kekatolikannya pada diri dan keluarganya. Ia tidak berpretensi membawa teman-temannya menjadi Katolik, tapi berdoa agar mereka selamat. Soal mereka akan tertarik atau tidak dipasrahkan pada Roh Kudus yang bekerja.
Yesus dalam rangkaian perpisahanNya pun lebih menyatakan diri kepada para murid, tidak kepada dunia sebagaimana disampaikan Yudas yang bukan Iskariot. Saat-saat akhir itu menjadi masa intimNya dengan orang-orang yang dikasihi dan mengasihiNya. Saat pernyataan pada dunia akan hadir kala Roh Kudus hadir pada para murid. Marilah kita juga menyediakan masa-masa intim iman bersama keluarga kita sambil bermohon Roh Kudus mengabarkan dan mengobarkannya.
 
Kontemplasi
Bayangkan Wayne Rooney seorang pemain bola yang bergelimang harta duduk berdoa di hadapan Tuhan. Ia percaya pada Tuhan. Ia percaya Tuhan menjaga diri dan semua pemain yang berlaga bersamanya baik teman maupun lawan.

Refleksi
Tulislah pengalamanmu ketika harus mendoakan lawanmu.

Doa
Tuhan, semoga aku mampu menyatakan imanku kepada orang-orang yang ada di dekatku dengan tindakan dan kasihku. Lunakkanlah hati mereka yang tidak mempercayaimu.

Perutusan
Aku akan mendoakan teman, saudara atau orang lain yang sampai sekarang masih memusuhiku karena imanku kepada Tuhan Yesus.

0 comments:

Post a Comment