Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, April 12, 2013

Sabda Hidup Sabtu, 13 April 2013

Sabda Hidup Sabtu, 13 April 2013
Martinus I
Warna Liturgi Putih

Bacaan
Kis. 6:1-7; Mzm. 33:1-2,4-5,18-19; Yoh. 6:16-21

Bacaan Injil Yoh. 6:16-21
16 Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu 17 dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, 18 sedang laut bergelora karena angin kencang. 19 Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. 20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!" 21 Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

Renungan
Takut. Ada banyak alasan yang bisa membuat seseorang mengalami ketakutan. Seorang anak takut dengan kegelapan, takut ditinggal pergi orang tuanya. Seorang anak muda takut dengan masa depannya. Orang tua takut menghadapi hari-harinya yang terasa makin berat. Nelayan takut menghadapi badai ganas. Pegawai takut di-PHK atau pensiun. Setiap orang mempunyai ketakutannya sendiri.
Ketakutan menghambat seseorang melampaui yang sebenarnya mungkin untuk dilampaui. Ketika seseorang takut pensiun biasanya mereka pun akan kesulitan menjalani masa-masa pensiunnya. Ketika takut kegelapan maka ia pun tidak akan berani menantang suasana itu. Ia akan selalu berusaha menghindari padahal di dunia ini selalu memuat keadaan gelap dan terang dan salah satunya seringkali tidak terhindarkan.
Yesus meneguhkan para murid dengan mengatakan (Yoh 6:20), "Aku ini, jangan takut!" Ia memberi keyakinan pada para murid bahwa yang ada bersama mereka adalah Ia, Putera Allah. Para murid pun menjadi tenang.
Tentu adalah sah seseorang mempunyai rasa takut. Namun perlu diingat bahwa ketakutan itu bisa menggagalkan yang semestinya kita dapatkan. Maka kala dalam diri kita muncul rasa takut, kita segera sadar bahwa Tuhan ada bersama kita. Ia selalu siap memberikan pertolongan untuk mengatasi persoalan-persoalan kita. Memang masalah hidup ini besar, namun kita percaya bahwa Tuhan jauh lebih besar dari masalah tersebut dan Ia telah menganugerahkan kemampuan yang cukup untuk mengatasi persoalan kita.

Kontemplasi

Duduklah dengan hening. Hadirkan sesuatu yang paling menakutkan dalam hidupmu. Hadirkan dan jangan kautolak kehadirannya. Yakinlah Tuhan ada bersamamu dan anda bisa melaluinya.

Refleksi

Tulislah hal-hal yang membuatmu takut dan bagaimana anda mengatasinya.

Doa

Tuhan, aku percaya Engkau ada bersama aku dan Engkau telah memberi anugerah yang cukup bagiku untuk mengarungi samodra hidupku. Terima kasih Tuhan. Amin.

Perutusan

Aku akan mengatasi ketakutan yang selalu menghantui hidupku.

0 comments:

Post a Comment