Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, April 26, 2013

Sabda Hidup
Sabtu, 27 April 2013
Louis-Marie Grignion De Montfort
Warna Liturgi Putih
Bacaan
Kis. 13:44-52; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Yoh. 14:7-14

Yoh. 14:7-14
14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
14:8 Kata Filipus kepada-Nya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."
14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."


Renungan
Ketika kita bertemu dengan seseorang, misalnya anak muda, seringkali ingatan kita melintas pada orang yang kita kenal. Wajah anak itu mengingatkan kita pada wajah orang tuanya. Tingkahnya pun demikian pula. Setiap gerak dan bahasa tubuhnya pun memberi tanda. Dari anak kita bisa mengenal orang tuanya. Dari satu pribadi kita mengenal pribadi lain yang berhubungan erat.
Yesus mengatakan (Yoh. 14:7), "Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia." Pengenalan akan Pribadi Putra mencukupi untuk mengenali Pribadi Bapa karena Bapa, Putera dan Roh Kudus adalah satu kodrat. Apa yang dikatakan dan dilakukan ada dalam satu pola dan tujuan.
Namun sekalipun ada kemiripan antara anak dan bapak atau Pribadi Bapa dan Anak ada juga yang tak gampang mengenal. Filipus contohnya. Apakah kita juga mengenal Tuhan dengan baik? Apa kita merasakan kehadiran Tuhan dalam keseharian kita?
 
Kontemplasi
Pejamkan sejenak matamu. Kenanglah kembali peristiwa-peristiwa yang menandakan kehadiran Tuhan dalam hidupMu. Amin

Refleksi
Siapa Yesus bagiku dan bagaimana mengasah diri untuk semakin mengenalnya?

Doa
Tuhan, ampunilah aku yang seringkali masih luput mengenaliMu. Utuslah RohMu membimbingku agar aku makin mudah melihat aneka karya kebaikanMu. Amin.

Perutusan
Aku akan membantu memperkanalkan Tuhan Yesus.

0 comments:

Post a Comment