Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, April 27, 2013

Lamunan Pekan V Paskah
Minggu, 28 April 2013

Yohanes 13:31-33a.34-35

13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.
13:33a Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu.
13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, di era global orang dituntut memiliki kualitas individual untuk diperhitungkan. Orang harus mampu mandiri dengan kemampuan setinggi-tingginya dan kerja keras karena kompetensi dan komitmen Aadalah andalan kesuksesan.
  • Katanya, karena tuntutan kemandirian di era global, orang harus masuk dalam dunia yang penuh persaingan untuk dapat unggul. Model lomba dan kompetisi adalah hal yang menggairahkan untuk menikmati dan melihat kemenangan, bahkan sejak di bangku sekolah pun anak sudah biasa dengan rangking kemampuan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa keluhuran atau popularitas seseorang tidak datang dari upaya individual tetapi dari gerak hati orang-orang lain yang muncul karena dihargai oleh orang tersebut. Maka dalam yang ilahi orang menghayati kewajiban untuk peduli kaisih pada orang-orang lain sebagaimana hidupnya sendiri yang mendapatkan napas karena pemberian cuma-cuma dari alam.
Wah, kalau suka kasih-kasih dapat jadi sapi perah dooong.

0 comments:

Post a Comment