Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 4, 2015

Lamunan Pesta Wajib

Santo Bonifasius, Uskup dan Martir
Jumat, 5 Mei 2015

Markus 12:35-37

12:35. Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud?
12:36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu.
12:37 Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya anak menyebut ayah dan ibunya sebagai orang tua. Ayah dan ibu menjadi yang dituakan karena memiliki kekuasaan dan harus dihormati.
  • Tampaknya, pada umumnya orang-orang yang berusia banyak juga dituakan terutama oleh yang muda yang berusia lebih sedikit. Mereka dipandang sebagai yang memiliki kekayaan pengalaman sehingga harus dihormati.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kesejatian tua bukan terutama terletak pada usia atau kedudukan dalam silsilah tetapi pada kadar kedekatan seseorang dengan yang berkuasa di kedalaman batin sehingga yang muda pun dapat menjadi sosok yang dihormati yang usianya lebih banyak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mudah menghormati siapapun yang kuat penghayatan batinnya termasuk kaum muda, remaja, dan anak.
Ah, untuk menjaga etika dan sopan santun yang muda harus menghormati yang lebih banyak usianya.

0 comments:

Post a Comment