Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, June 12, 2015

Sabda Hidup

Sabtu, 13 Juni 2015
Peringatan Wajib Hati Tersuci SP Maria & Peringatan Wajib. St. Antonius dari Padua
warna liturgi Putih
Bacaan
2Kor. 5: 14-21; Mzm. 103:1-2,3-4,8-9,11-12; Mat. 5:33-37 BcO Yos. 10:1-15
1Raj. 19:9a,11-16; Mzm. 27:7-8a,8b-9abc,13-14; Mat. 5:27-32 BcO Flp. 3:17 - 4:9

Matius 5:33-37:
33 Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. 34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, 35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; 36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. 37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Renungan:
Janji menuntut pemenuhannya. Ketika seseorang membuat janji ia mesti memenuhinya. Demikian pula dengan sumpah. Mereka yang bersumpah mempunyai tanggungjawab selaras dengan sumpahnya. Pemenuhan dan tanggungjawab ini tidak mudah dan akan mengikuti seluruh manusia.
Yesus mengajak kita untuk tidak bersumpah (bc Mat 5:33-36). Ia mengajak kita untuk apa adanya, "Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat" (Mat 5:37).
Dalam kehidupan sehari-hari orang sering membuat janji. Namun sering pula mereka mengingkari janji. Orang bersumpah bahwa tidak ada uang yang dia korupsi tapi ternyata dia tertangkap korupsi. Kita perlu hati-hati dengan janji dan sumpah. Mending kita katakan ya kalau ya dan katakan tidak bila tidak. Kelugasan ini akan membuat diri kita tidak terbebani oleh daya pemenuhan yang kita janjikan dan sumpahkan.

Kontemplasi:
Bacalah Injil Mat 5:33-37. Bayangkan engkau hadir mendengarkan sabda Yesus tersebut.

Refleksi:
Tulislah ketegasan sikapmu dalam hidup ini dan ingatlah janji-janji yang masih harus kaupenuhi.

Doa:
Ya Tuhan semoga aku tidak gampang bersumpah dan mengumbar janji. Semoga aku lebih tegas mengiyakan atau mengatakan tidak atas sesuatu. Amin.

Perutusan:
Aku akan berkata "ya" atau "tidak" secara tepat. -nasp-

0 comments:

Post a Comment