Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 18, 2015

Sabda Hidup



Jumat, 19 Juni 2015
St. Romualdus
warna liturgi Hijau 
Bacaan
2Kor. 11:18,21b-30; Mzm. 34:2-3,4-5,6-7; Mat. 6:19-23. BcO Hak. 8:22-32; 9:1-15

Matius 6:19-23:
19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; 23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Renungan:
Membaca bacaan hari ini saya teringat pengalaman bagaimana orang yang punya piaraan atau ternak. Kala mereka akan pergi mereka selalu memperhitungkan bagaimana piaraannya. Bepergian sehari pun sudah tidak mudah. Piaraan itu salah satu hartanya. Pikiran dan hatinya terarah kepadanya. "Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada" (Mat 6:21). Semakin banyak hartanya hatinya semakin terarah ke sana.
Kiranya kalau harta itu adalah surga maka hati kita juga akan terarah ke sana. Semakin kita menjadikan surga sebagai harta kita semakin dekatlah hati kita dengan surga. Maka marilah kita jadikan surga sebagai harta yang perlu kita kumpulkan dari hari ke hari. Hati kita makin mengarah kepada surga. "kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya" (Mat 6:20).

Kontemplasi:
Pejamkan sejenak matamu. Ingatlah harta surga yang kaukumpulkan selama hidupmu.

Refleksi:
Apa harta surga yang mesti kaukumpulkan dalam hidupmu?

Doa:
Tuhan semoga hatiku selalu terarah pada harta surgaMu. Hidupkanlah dalam diri banyak orang agar surgaMu menjadi pusat hatinya. Amin.

0 comments:

Post a Comment