Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, February 25, 2019

Diuji Laksana Emas dalam Api


Aloys Budi Purnomo Pr

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi yang memberi motivasi rohani bagi siapa saja untuk tetap teguh dalam kebijaksaan dan kebaikan kendati ditempa berbagai ujian bahkan penghinaan. Mari kita renungkan.

Inspirasi dan motivasi rohani itu termuat dalam Bacaan Liturgi 26 Februari 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa VII Bacaan Pertama dari Kitab Putra Sirakh 2:1-11. Beginilah teks selengkapnya. Mari kita baca dan renungkan.

"Anakku, jika engkau mau mengabdi kepada Tuhan, bersiap-sedialah menghadapi pencobaan. Tabahkanlah dan teguhkanlah hatimu. Jangan gelisah pada waktu malang. Berpautlah kepada Tuhan, jangan berpaling dari pada-Nya, supaya engkau dijunjung tinggi pada akhir hidupmu.

Terimalah saja apa pun yang menimpa dirimu dan hendaklah sabar dalam segala perubahan kehinaanmu. Sebab emas diuji di dalam api, tetapi orang yang dikasihi Tuhan diuji dalam kancah penghinaan. Percayalah pada Tuhan maka Iapun menghiraukan dikau, ratakanlah jalanmu dan berharaplah kepada-Nya.

Kalian yang takut akan Tuhan nantikanlah belas kasihan-Nya dan jangan menyimpang, supaya kalian jangan terjatuh. Kalian yang takut akan Tuhan, percayalah pada-Nya, niscaya kalian tidak akan kehilangan ganjaran. Kalian yang takut akan Tuhan, harapkanlah yang baik, sukacita kekal dan belas kasihan.

Ingatlah akan angkatan yang sudah-sudah, dan perhatikanlah: pernahkah Tuhan mengecewakan orang yang berharap kepada-Nya? Pernahkah Tuhan meninggalkan orang yang tekun bertakwa? Pernahkah Tuhan tidak menghiraukan orang yang berseru kepada-Nya? Sungguh, Tuhan itu pengasih dan penyayang. Ia mengampuni dosa dan menyelamatkan di waktu kemalangan." (Kitab Putra Sirakh 2:1-11)

Jadi, jangan menyerah kalah oleh penghinaan sebab itu hanyalah ujian bagi orang-orang pilihan yang dikasihi Tuhan. Ujian itu laksana emas dalam api yang kian memurnikan jati dirinya.
Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi serta memotivasi hidup kita dalam menghadapi setiap penghinaan. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 25/2/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶ Aloys budi purnomo Pr Sent from my heart of abudhenkpr "abdi Dalem palawija" Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan; Campus Ministry Unika Soegijapranata Semarang; Andalan Kerohanian Katolik Pramuka Kwarda Jateng.

0 comments:

Post a Comment