Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 27, 2019

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

diambil dari https://hellosehat.com/hidup-sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.


Kalau sayur tanpa garam saja rasanya tidak enak, bagaimana dengan manusia yang hidup tanpa garam? Garam sejatinya diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan garam. Simak berbagai manfaat garam untuk kesehatan yang wajib Anda tahu.

Manfaat garam untuk kesehatan tubuh

1. Melancarkan metabolisme

Manfaat garam untuk kesehatan ini bisa membantu melancarkan metabolisme Anda. Metabolisme yang baik, akan meningkatkan fungsi sistem dalam tubuh. Garam dapat membantu menyerap air dalam tubuh demi kelancaran kerja organ tubuh. Hal itu disebabkan oleh mineral dan nutrisi pada garam yang dengan mudahnya dapat menyerap di dalam darah.

2. Meringankan bronkitis dan masalah pernapasan lainnya

Meringankan bronkitis dan sakit pernapasan nyatanya menjadi salah satu manfaat garam untuk kesehatan. Garam berguna untuk menyerap ion berbahaya pada udara yang Anda hirup dan membantu melawan ion berbahaya tersebut agar tidak terserap ke dalam tubuh. Maka itu, tidak jarang garam bisa meringankan sakit asma, bronkitis, dan sistem pernapasan lainnya yang bermasalah.

3. Membuat rileks tubuh

Merendam tubuh pakai garam ternyata bisa menghasilkan rileks pada tubuh dan otot-oto Anda yang kaku, lho. Garam yang digunakan memang agak sedikit berbeda, yaitu garam kristal. Anda bisa menuangkannya di bak mandi dan merendam seluruh tubuh Anda dengan campuran garam tersebut. Efek garam akan membuat lemas otot dan bagian tubuh yang tegang atau kaku. Garam juga berperan sebagai detoksifikasi dan menurunkan tekanan darah pada tubuh.

4. Mencegah hiponatremia

Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuhnya. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air. Nah, untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika tidak tercukupi kebutuhan garam, akan terjadi ketidakseimbangan kadar air tubuh dan akhirnya terjadi pembengkakan di tubuh karena sel-selnya kelebihan air.

5. Membersihkan mulut

Manfaat garam untuk kesehatan ini bisa membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar mulut Anda. Gusi yang luka, atau ngilu pada gigi bisa diredakan sakitnya dengan hanya berkumur-kumur dengan larutan garam. Caranya campurkan ½ sendok teh garam dicampur  secangkir air hangat. Tindakan ini mencegah pembengkakan dan menenangkan sakit pada gusi.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Kalau Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut. Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.
Kalau sayur tanpa garam saja rasanya tidak enak, bagaimana dengan manusia yang hidup tanpa garam? Garam sejatinya diperlukan tubuh untuk mengimbangkan kadar cairan dalam tubuh. Meski garam bisa membawa efek negatif jika dikonsumsi terlalu banyak, nyatanya tubuh manusia juga membutuhkan garam. 
Selengkapnya lihat "6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu" dalam PASTORAL KETUAAN www.domuspacispuren.blogspot.com

1 comments:

Mason said...

Kumur-kumur dengan air garam juga bermanfaat menghilangkan sariaan

Post a Comment