Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 27, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Tomas Aquino, Imam dan Pujangga Gereja
Senin, 28 Januari 2019

Markus 3:22-30

3:22. Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Ia kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan."
3:23 Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis?
3:24 Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan,
3:25 dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan.
3:26 Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya.
3:27 Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.
3:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan.
3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."
3:30 Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran tentang ampun mengampun dosa dalam agama. Setiap orang berdosa harus bertobat agar bersih di kala masuk alam kekal.
  • Tampaknya, segala dosa yang dibawa mati akan ada sanksi akhirati. Orang akan mendapatkan hukuman abadi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebanyak apapun kesalahan orang terhadap orang lain bahkan kekeliruan terhadap Tuhan, ketika dia mati masih dapat dimintakan pengampunan asal tidak jadi tukang “menganganggap jahat orang baik yang berseberangan”. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu terbuka akan segala kebaikan sekalipun itu berasal dari golongan musuh.
Ah, kalau membuka kebaikan musuh, itu artinya bunuh diri karena kalah bersaing.

0 comments:

Post a Comment