Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 12, 2019

Lamunan Pesta

Pembaptisan Tuhan
Minggu, 13 Januari 2019

Lukas 3:15-16.21-22

3:15. Tetapi karena orang banyak sedang menanti dan berharap, dan semuanya bertanya dalam hatinya tentang Yohanes, kalau-kalau ia adalah Mesias,
3:16 Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
3:21. Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit
3:22 dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atas-Nya. Dan terdengarlah suara dari langit: "Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang berada dalam naungan ilahi akan mampu tampil hebat. Daya ilahi membuat orang berkemampuan spektakuler.
  • Tampaknya, kemampuan hebat karena daya ilahi ada yang menyebut kesaktian. Dengan daya ilahi orang akan memiliki kuasa-kuasa khusus misalnya penyembuhan dan mengetahui hal-hal yang tak diketahui oleh umum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun memiliki kemampuan batin dan melakukan hal spektakuler, hal itu belum tentu jadi tanda orang sungguh berada dalam naungan daya ilahi yang sejatinya membuatnya mengalami keceriaan kasih dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengalami kemesraan hubungan batin dengan Tuhan.
Ah, kalau orang sungguh punya daya Roh, dia pasti punya kesaktian.

0 comments:

Post a Comment