Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, January 13, 2019

Lamunan Pekan Biasa I

Senin, 14 Januari 2019

Markus 1:14-20

1:14. Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah,
1:15 kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!"
1:16 Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
1:17 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
1:18 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.
1:19 Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu.
1:20 Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, pewartaan menjadi salah satu identitas Gereja. Ada yang menganggap bahwa dengan pewartaan orang menyebar luaskan ajaran Gereja.
  • Katanya, Injil adalah materi pokok dari pewartaan Gereja. Ada yang meyakini bahwa dengan mewartakan Injil orang mencari anggota-anggota baru dalam Gereja.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun giat menyebar luaskan ajaran-ajaran dari Kitab Suci, orang belum tentu menjadi pewarta sejati kalau yang dilakukan tidak membuat siapapun yang dihadapi dalam kehidupan kongkretnya terbuka pada kehadiran ilahi yang menekankan kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bahwa kehidupan sejati adalah penghayatan akan realita sehari-hari yang dilandaskan pada kemesraan hubungan dengan nurani sehingga selalu berbuahkanperjuangan demi kebaikan umum.
Ah, pewartaan iman dalam Gereja ya berarti cari anggota baru.

0 comments:

Post a Comment