Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 18, 2019

PEKAN DOA SEDUNIA Hari 2, 19 Januari 2019

Jika ya, katakam: ya; jika tidak,katakanlah: tidak (Matius 5:37)

Efesus 4:22-25                                                                                                                  Matius 5:33-37

Refleksi: Kekerasan terhadap manusia tidak hanya ditemukan dalam kekerasan fisik dan perampokan, tetapi juga dalam pemberitaan-pemberitaan yang tidak benar. Media sosial turut membantu penyebaran berita tersebut. Kita sadar bahwa hal ini menggiring kepada kebohongan dan prasangka yang disebarkan oleh kelompok-kelompok agama lain. Ketakutan serta ancaman pembalasan dapat membuat orang enggan untuk membela kebenaran dan menyebabkan mereka diam dalam menghadapi pernyataan yang tidak adil dan tidak benar tersebut. Yesus dengan tegas berkata, "Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat". Ketidakjujuran merusak kesatuan Gereja (Surat kepada jemaat di Efesus mengingatkan bahwa kita masing-masing adalah anggota). Ini adalah panggilan kita umat Kristiani untuk berani jujur dan bertanggung jawab satu sama lain, sehingga kita dapat bertumbuh dalam persekutuan. Allah sendiri yang akan menyertai kita ketika kita berani melakukannya.

Doa: Ya Allah Yang Maha Besar, berilah kami kebijaksanaan untuk dapat membedakan yang benar dan yang salah. Biarkan hati kami dibimbing oleh kejujuran dan bibir kami mengucapkan kebenaran. Beri kami keberanian untuk jujur bahkan ketika orang lain melawan kami. Jauhkan kami dari upaya untuk menyebarkan kebohongan; buatlah kami menjadi agen persatuan dan perdamaian, menyebarkan kabar baik dan benar bagi semua orang,kini dan selamanya. Amin.

0 comments:

Post a Comment