Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, June 8, 2019

Lamunan Hari Raya

Pentekosta
Minggu, 9 Juni 2019

Yohanes 14:15-16.23b-26

14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:23b. Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.
14:25. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, untuk sungguh menjadi agamawan orang harus mau belajar hal-hal yang menjadi kepercayaan. Di dalam Gereja untuk menerima pembaptisan orang juga mempelajaran ajaran-ajaran yang ada.
  • Tampaknya, untuk menjadi tokoh agama orang pun harus banyak mempelajari ajaran dan berbagai tatanannya. Bahkan kalau diperlukan orang akan ikut kuliah ilmu ketuhanan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun jadi ahli ilmu agama, orang tak akan sungguh punya pemahaman tentang keilahian kalau tidak biasa terbuka pada amanat nurani yang sejatinya merupakan tuntunan Roh ilahi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan biasa berguru pada yang bertahta dalam nurani untuk memahami berbagai hal yang dihadapi dalam kehidupan.
Ah, seorang ahli teologi adalah tempat utama untuk mencari tahu tentang ketuhanan.

0 comments:

Post a Comment