Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 17, 2019

Percikan Nas Senin, 17 Juni 2019

Hari biasa
warna liturgi Hijau

Bacaan-bacaan:
2Kor. 6: 1-10; Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4; Mat. 5:38-42.
BcO Hak. 2:6-3:4.

Bacaan Injil: 
38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

Memetik Inspirasi:
Sering dalam hidup ini kita mendapat lebih banyak dari yang kita harapkan. Sekurang apa pun orang tua kita, mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Saat kita sadari apa yang mereka berikan selalu lebih dari yang kita perkirakan. Para panitia atau orang yang punya kerja akan berusaha memberikan yang terbaik kepada para tamu yang diundang. Mereka merasa minimal harus menghadirkan suguhan yang layak.
Kiranya sikap memberikan lebih dari yang diminta adalah sikap yang diajarkan Yesus kepada kita. Ayat-ayat dalam perikop ini dengan jelas menguraikan hal tersebut. Contohnya, “kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu” (Mat 5:40).
Rasa saya, ketika kita hidup dengan wajar dan harapan yang selaras kita pun akan mendapatkan lebih dari yang wajar itu. Namun kala kita terlalu bernafsu kita bisa gagal mendapatkan yang kita mau, bahkan malah-malah bisa mencelakakan orang lain. Ketika kita ikhlas memberikan kebaikan kepada sesama kita pun akan mendapatkan kembalian yang lebih banyak dari yang kita berikan.

Refleksi:
Bagaimana keikhlasan hatimu kala memberi?

Doa:
Bapa, Engkau selalu memberi lebih dari yang kami minta. Kami sungguh bersyukur karena itu. Semoga kami pun mempunyai jiwa yang ikhlas dan murah hati. Amin.

Memberi lebih

 MoGoeng
 Wates

0 comments:

Post a Comment