Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, June 4, 2019

Selamat Idul Fitri


Domus Pacis Puren memang menjadi hunian rama-rama yang sudah memiliki beban dinas. Semua rama tua yang ada di situ sudah berada dalam kondisi cacad. Kursi roda adalah sahabat-sahabat yang memudahkan bergerak ke sana-sini. Bahkan untuk berkursi roda sebagian harus dibantu untuk mendorong. Untuk bepergian keluar kini harus ada mobil yang dapat menampung tujuh kursi roda. Harus ada 4 mobil, 4 sopir, dan beberapa orang untuk membantu masuk dan keluar dari mobil. Maka, tidak mengherankan kalau mereka tidak mendapatkan beban pekerjaan dinas. Maka, tidak mengherankan kalau mereka sudah dimaklumi untuk tidak dapat berada dalam kegiatan-kegiatan umat. Maka, tidak mengherankan kalau mereka sudah tidak dapat seperti rama-rama aktif yang di bulan Ramadhan mengadakan buka bersama dengan umat Islam.

Akan tetapi, ternyata di dalam lingkungan Domus Pacis Puren pun dapat tercipta penghayatan hidup kemasyarakatan yang terbuka pada pluriformitas keagamaan. Ketika Rm. Djono belum menghadap Tuhan pada Minggu 2 Juni 2019, dari 9 orang pekerja, 5 orang di antaranya beragama Islam. Dari 9 orang itu hanya seorang yang tidak sepanjang hari berada bersama para rama. Dari 8 orang rama tua yang tinggal di Domus Pacis, Rm. Bambang memiliki kedekatan dengan keluarga sepupu-sepupunya yang beragama Islam. Maka, tidak mengherankan kalau selama Ramadhan ada 2 orang yang sudah makan saur pada sekitar jam 03.30 pagi. Maka, tidak mengherankan kalau ketika makan siang ada yang tidak ikut. Maka, tidak mengherankan kalau pada malam hari ada yang meninggalkan rumah Domus untuk ikut Shalat Tarwih di masjid Puren. Bahkan bisa juga dimaklumi kalau ada kegiatan Buka Bersama:

  1. Bersama adik-adik sepupu Rm. Bambang dan keluarganya pada Minggu 26 Mei 2019, dan
  2. Serumah para rama, karyawan, dan beberapa relawan pada Kamis 30 Mei 2019 di RM Bale Rasa.

Memasuki Bulan Syawal, setiap karyawan mendapatkan jatah libur 4 hari tidak termasuk libur rutin. Para karyawan dalam pembicaraan menata diri agar dari hari Kamis 5 Juni sampai dengan 9 Juni ada 3 orang yang piket kerja. Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa semua rama dan karyawan pada Jumat 7 Juni 2019 akan berbaju seragam sama dengan anak-cucu keturunan kakek-nenek Rm. Bambang dari jalur ibu. Pada hari itu di Domus Pacis Puren akan ada Perayaan Syawalan Trah Irodiryan Berbah, keluarga besar dari Rm. Bambang.


Komunitas Domus Pacis Puren mengucapkan:
SELAMAT HARI RAYA IDUL FIRI

0 comments:

Post a Comment