Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, June 10, 2019

Percikan Nas Minggu, 09 Juni 2019

HARI RAYA PENTAKOSTA
warna liturgi Merah

Bacaan-bacaan:
Kis. 2:1-11; Mzm. 104:1ab,24ac,29bc-30,31,34; 1Kor. 12:3b-7,12-13 atau Rm. 8:8-17; Yoh. 14:15-16,23b-26.
BcO Rm. 8:5-27.

Bacaan Injil:
15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. 24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku. 25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; 26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Memetik Inspirasi:
Dalam beberapa kesempatan saya sering terkagum dengan bapak ibu katekis senior. Mereka sering menyampaikan suatu pengajaran yang sangat kreatif dan luar biasa. Sering hal tersebut tidak terpikirkan sebelumnya. Banyak hal yang tampaknya rumit bisa diurai dengan sederhana dan meyakinkan para pendengar. Dari apa yang mereka lakukan dan katakana banyak orang pun kemudian menjadi pengikut Kristus yang setia. Dari mana mereka mendapat kemampuan itu?
Yang jelas di antara mereka tidak banyak yang mendapatkan pengetahuan dari studi. Kiranya Roh Kudus sendiri yang menuntun mereka. Janji Yesus kiranya benar-benar terjadi. “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu” (Yoh 14:26). Roh Kuduslah yang menuntun umat manusia untuk mengerti apa yang diajarkan Yesus dan yang membantu umat untuk menyampaikan kepada para pendengar iman.
Kiranya di hari Pentakosta ini kita pun perlu juga yakin bahwa Tuhan akan selalu menyertai kita dalam Roh Kudus. Roh Kudus yang akan menuntun kita untuk mengerti dan mengajari kita untuk mewartakan. Tidak ada satupun dari kita yang tidak akan mampu mewartakan Kristus, karena Roh Kudus yang akan menuntun kata, kalimat dan tindakan kita.

Refleksi:
Bagaimana Roh Kudus bekerja dalam perjalanan hidupmu?

Doa:
Tuhan selalu hadirlah dalam diri kami melalui Roh Kudus-Mu. Tuntunlah kami untuk mengerti. Kuatkan kami untuk bersaksi. Hanya dalam tuntunan Roh Kudus-Mu kami pun mampu menjalankan perutusan-Mu. Amin.

Roh Kudus

 MoGoeng
 Wates

0 comments:

Post a Comment