Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 20, 2019

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Aloisius Gonzaga, Biarawan
Jumat, 21 Juni 2019

Matius 6:19-23

6:19. "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang baik dan luhur akan tekun dalam olah rohani. Dengan olah rohani orang dapat ditopang oleh alam keabadian.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa olah rohani berkaitan kegiatan-kegiatan keagamaan. Orang akan tekun doa, meditasi, dan kontemplasi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun rajin menjalani agama, orang belum tentu sungguh mengolah hidup rohani kalau tidak menyadari diri sebagai makhluk berjiwa dan beraga sehingga juga membiasakan diri mendisiplinkan panca indra untuk menangkap hal-hal baik. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam olah rohani orang tak hanya membaikkan yang jiwani tetapi juga yang ragawi.
Ah, asal rajin ibadat orang sudah baik hidup rohaninya.

0 comments:

Post a Comment