Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, May 25, 2014

Lamunan Pesta Wajib



Santo Filipus Neri, Imam
Senin, 26 Mei 2014

Yohanes 15:26-16:4a

15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
15:27 Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."
16:1 "Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
16:2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
16:3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
16:4a Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat dianggap baik dan luhur karena amat tekun menjalani kehidupan beragama. Agama dapat dipandang menjadi tanda apakah orang sungguh memiliki kehidupan yang baik, benar, dan luhur.
  • Tampaknya, orang dianggap beragama sungguh-sungguh kalau taat pada rumusan-rumusan ajaran dan praktek-praktek tatacara keagamaan. Bahkan dengan mengikuti pengelompokan tertentu dalam hidup keagamaan dapat membuat orang mengkelirukan gerakan yang berbeda kelompok bahkan karena kefanatikannya orang dapat melakukan kekerasan terhadap yang berbeda.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa justru orang yang sungguh-sungguh baik dan mengembangkan kebaikan di kiri kanannya akan langsung mengalami tantangan dan penolakan serta pengucilan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan teguh bertindak sesuai dengan dengung kedalaman batin sekalipun mengalami berbagai kekerasan psikologis dan atau fisik.
Ah, kalau jelas terancam orang sebaiknya membatalkan niat baiknya.

0 comments:

Post a Comment