Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, May 22, 2017

Jadi Ajang Ulang Tahun


Pagi itu sejak jam 07.00, Senin 15 Mei 2017, Domus Pacis sudah sibuk. Ruang Serbaguna Barnabas dikosongkan dari mobil-mobil dan motor-motor yang biasa diparkir di situ. "Kursine pinten? Ditata pripun?" (Membutuhkan berapa kursi dan bagaimana menatanya?) tanya Mas Abas ke pada Rm. Bambang yang menjawab "Tamune satus patang puluh. Ditata sisih ngisor model U" (Ada 140 orang tamu. Kursi ditata di bagian bawah dengan model U). Ruang Barnabas memang terdiri pada bagian tinggi di bagian barat dan bagian luas lain lebih rendah. Pada bagian atas pagi itu disediakan untuk menata meja-meja tempat menyajikan konsumsi. Bagian bawah untuk penyelenggaraan misa dan beberapa acara lain. Ketika para karyawan Domus mengerjakan persiapan tempat, Mas Handoko, salah satu relawan, datang untuk menyiapkan soundsystem dan keyboard. Kemudian pada sekitar jam 08.00 datang 3 orang ibu membawa bunga yang kemudian dirangkai sebagai penghias altar. "Rama, nika enten sing mbekta snak kalih dos. Riki pun nyediani, ta?" (Rama, ada yang membawa snak sebanyak dua dos. Bukankah Domus sudah mengurus penyediaan?) Mas Abas dan Mbak Tari memberikan informasi yang langsung disahut oleh Rm. Bambang "Kuwi pesenane Bu Rini sing dikirim sing dodol" (Itu pesanan Bu Rini yang dikirim oleh penjualnya). Bu Rini, relawan lain, memang membantu penyediaan snak. Sedang untuk santap siang diurus oleh Mbak Tatik yang ternyata dibantu oleh Mbak Sri.

Hari itu Domus Pacis memang menjadi ajang PUPIP (Paseduluran Umat Pamitran Imam Praja) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan perayaan ulang tahun kedua. Acara pertama adalah Misa. Mgr. B. Pujo Raharjo menjadi selebran utama yang didampingi Rm. Hartasubana sebagai Vikep DIY dan Rm. Wiyono. Rama-rama Domus yang ikut menjadi peserta misa adalah Rm.Yadi, Rm. Harto, Rm. Tri Hartono, Rm. Gito, dan Rm. Bambang. Ada pula Rm. Jaya dan Rm. Jono dari Wisma Petrus, rumah rama praja tua di Kentungan. Kor pengiring datang dari Paroki Nandan. Sesudah misa ada acara nyanyi-nyanyi dan pertunjukan dari para anggota PUPIP DIY. Santap siang menjadi bagian penutup.

0 comments:

Post a Comment