Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, May 11, 2017

Jumlah Penduduk Lansia Melonjak

diambil dari Harian Kedaulatan Rakyat Sabtu 6 Mei 2017 Halaman 9

YOGYA (KR) - Jumlah penduduk lanjut usia (lansia) di wilayah Yogya diprediksi mengalami lonjakan. Hal ini seiring usia harapan hidup yang tergolong tinggi sehingga banyak pekerja yang hampir memasuki purna karya memilih Yogya sebagai tempat untuk menghabiskan hari tua.

"Yogya ini juga bisa dikatakan sebagai kota lansia karena jumlahnya yang cukup banyak. Kalau di daerah lain, rata-rata lansia mencapai tujuh persen dari populasi penduduk, namun di Yogya mencapai sekitar 13 hingga 15 persen," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Yogya Hadi Muchtar, Jumat (5/5).

Secara nasional, jumlah penduduk lansia di Indonesia pada 2015 lalu sudah menembus 18 juta orang. Sedang di Kota Yogya dua tahun lalu mencapai 2.000 orang, dan tahun ini diperkirakan bertambah menjadi 3.000 orang. Penambahan penduduk lansia itu lantaran usia harapan hidup di Yogya mencapai 74 tahun atau di atas rata-rata nasional.

Oleh karena itu, imbuh Hadi Muchtar, Dinas Sosial akan fokus pada upaya pemberdayaan. Bagi lansia yang masih produktif, maka akan difasilitasi melalui kelompok usaha bersama (kube) lansia. Melalui kelompok tersebut, Pemkot Yogya maupun pemerintah pusat memiliki alokasi penguatan modal usaha.

"Tahun ini sedang ditumbuhkan kube lansia baru. Modal yang akan dikucurkan juga masih dalam pembahasan" imbuhnya.

Sedangkan bagi lansia yang sudah kurang produktif, akan difasilitasi melalui komisi daerah lansia. Komisi tersebut saat ini sudah tersebar di tiap kelurahan. Kegiatan yang sudah rutin dilakukan di antaranya pemeriksaan kesehatan rutin, senam bersama serta kegiatan informal lainnya.

Sementara bagi lansia yang sudah tidak memiliki sanak saudara dan terlantar, akan dibina melalui Panti Wredatama.

Khusus bagi lansia dari keluarga tidak mampu, maka diberikan program asistensi berupa santunan tiap bulan dari Kementrian Sosial, Pemda DIY maupun Pemkot Yogya.

"Banyak kegiatan pemberdayaan bagi lansia. Harapannya, meski dari fisik sudah tidak cukup kuat, namun harus tetap menjaga produktivitas. Pada 21 Mei mendatang kami bersama DIY juga akan mengumpulkan 4.000 lansia," tandasnya.   (Dhi)-o

0 comments:

Post a Comment