Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, August 23, 2017

Jamblang, Si Ungu yang Kandungan Antioksidannya Tinggi dan Cocok untuk Penderita Kencing Manis

diambil dari http://intisari.grid.id/Wellness/Healthy-Food via Selasa, 1 Agustus 2017 18:00 WIB

Buah jamblang atau duwet. | herbalogi

Intisari-Online.com – Jamblang (Eugenia cuminni, Merr. atau Syzygium jambolanum Miq.) sering disebut duwet atau juwet. Juga dikenal sebagai plum jawa (java plum).

Pohon jamblang bisa mencapai tinggi 10 - 20 m dan bergaris tengah 60 cm.

Buahnya biru keunguan, lonjong agak segi empat panjangnya 10-20 mm, diameter 5-10 mm, berkulit halus, dan berbiji tunggal.

Buah matang warnanya berubah dari ungu kemerahan menjadi ungu gelap. Rasanya manis asam, agak sepat, sering dimakan sebagai buah atau manisan.

Ada jenis yang berwarna putih, dinamai duwet putih. Namun jarang ditemui dan kurang populer.

Walaupun rasanya lebih manis, lebih segar, dan kurang sepat. Buah duwet masih satu keluarga dengan jambu air dan cengkih.

Jamblang mengandung asam galat, glukosida phytomelin, dan senyawa tanin.

Asam galat mampu mengerutkan saluran kencing, glukosida phytomelin mempercepat penyembuhan luka, dan senyawa tanin pada biji jamblang bermanfaat untuk menurunkan kolestrol.

Mengandung karbohidrat, berbagai macam vitamin, asam organik, tanin, dan resin merah gelap. Juga terdapat antosianin, salah satu anggota senyawa polifenol.

Buah duwet mempunyai daya antioksidan tinggi. Kemungkinan disebabkan oleh warna ungu atau pigmen ungu yang disebut antosianin.

Daya antioksidan  buah duwet dipengaruhi oleh tahapan kematangannya. Pada buah mentah yang masih hijau, daya antioksidannya rendah.

Buah hampir masak berwarna merah dan masih keras, daya antioksidannya meningkat. Buah masak yang berwarna ungu, daya antioksidannya paling tinggi.

Karena itu, buah duwet sebaiknya dikonsumsi pada saat sudah masak.

Jamblang juga berkhasiat meredakan batuk kronik karena asma, batuk rejan, dan batuk yang berkaitan dengan TBC dan nyeri.

Kalau terlalu banyak makan buah jamblang bisa menyebabkan susah buang air seni.

Kegunaan dan penggunaannya:  
Diabetes:Tumbuk halus 15 biji jamblang, lalu rebus menggunakan 2 gelas air. Minum ramuan ini 3x sehari.
Ngompol: Tumbuk halus 7 biji jamblang, lalu rebus menggunakan 1 ½ gelas air dan sedikit gula aren, sampai airnya tinggal setengah. Minum ramuan ini sekaligus pada sore hari sampai ngompolnya sembuh.
Mudah beser: Makan 10 buah jamblang yang sudah diberi garam.
Diare karena masuk angin: Rebus 6 cm kulit pohon jamblang yang sudah dikeringkan menggunakan 1 gelas air selama ½ jam. Saring dan minum airnya 3x sehari.
Batuk kronik: Ambil 15 g buah duwet segar, buang bijinya dan makan. Lakukan 3x sehari.
Batuk rejan: Ambil 15 g buah yang telah dikeringkan, kantong empedu ayam betina, dan gula pasir secukupnya. Tambahkan air dan kukus sampai masak. Makan sehari sekali.

(Seperti pernah dimuat di Intisari Extra Health Maret 2016)

0 comments:

Post a Comment