Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 20, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Pius X, Paus
Senin, 21 Agustus 2017

Matius 19:16-22

19:16. Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru, perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
19:18 Kata orang itu kepada-Nya: "Perintah yang mana?" Kata Yesus: "Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri."
19:20 Kata orang muda itu kepada-Nya: "Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?"
19:21 Kata Yesus kepadanya: "Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku."
19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tak sedikit orang yang memandang agama sebagai jalan kententraman. Pada umumnya agama mengajarkan jalan hidup damai dan sejahtera.
  • Tampaknya, tak sedikit yang berkeyakinan bahwa untuk menjadi orang yang sungguh baik orang memang harus menjalankan perintah-perintah yang ada dalam agama. Kedisiplinan beragama akan menjamin kebahagiaan dunia dan akhirat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, setertib apapun seseorang menjalankan perintah-perintah agama dalam doa, puasa dan berdana, kebaikan sejati yang menghadirkan hidup damai tentram terutama adalah dalam beragama orang meletakkan kelekatannya dengan Tuhan di atas segalanya yang ditandai dengan jiwa lepas bebas tak dikuasai oleh kepemilikan harta. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan tahu batas dalam memakai dan menikmati harta miliknya.
Ah, makin banyak harta jelas makin terjaga jaminan kedamaian hidup orang.

0 comments:

Post a Comment