Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, August 27, 2017

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Agustinus, Uskup dan Pujangga Gereja
Senin, 28 Agustus 2017

Matius 23:13-22

23:13. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu Kerajaan Sorga di depan orang. Sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk.
23:14 (Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.)
23:15 Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu mengarungi lautan dan menjelajah daratan, untuk mentobatkan satu orang saja menjadi penganut agamamu dan sesudah ia bertobat, kamu menjadikan dia orang neraka, yang dua kali lebih jahat dari pada kamu sendiri.
23:16 Celakalah kamu, hai pemimpin-pemimpin buta, yang berkata: Bersumpah demi Bait Suci, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi emas Bait Suci, sumpah itu mengikat.
23:17 Hai kamu orang-orang bodoh dan orang-orang buta, apakah yang lebih penting, emas atau Bait Suci yang menguduskan emas itu?
23:18 Bersumpah demi mezbah, sumpah itu tidak sah; tetapi bersumpah demi persembahan yang ada di atasnya, sumpah itu mengikat.
23:19 Hai kamu orang-orang buta, apakah yang lebih penting, persembahan atau mezbah yang menguduskan persembahan itu?
23:20 Karena itu barangsiapa bersumpah demi mezbah, ia bersumpah demi mezbah dan juga demi segala sesuatu yang terletak di atasnya.
23:21 Dan barangsiapa bersumpah demi Bait Suci, ia bersumpah demi Bait Suci dan juga demi Dia, yang diam di situ.
23:22 Dan barangsiapa bersumpah demi sorga, ia bersumpah demi takhta Allah dan juga demi Dia, yang bersemayam di atasnya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang yang sungguh setia pada agama dapat dianggap sebagai kaum setia pada kehidupan. Dia menjaga agama agar orang tidak sesat dalam hidupnya.
  • Tampaknya, orang yang ahli ilmu agama dapat dianggap tahu jalan kebenaran. Dia dapat menjadi pengajar hidup benar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun termasuk dalam kelompok penjaga agama dan atau ahli ilmu agama, dia akan terpuruk dalam kemunafikan kalau tidak menjadi pelaku yang dihikmahkan dalam agama karena dalam khasanah upacara dan kecanggihan kata-kata luhur perilakunya dilumuri dengan berbagai kebusukan yang ditentang oleh agama dan ajarannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terjaga dan terhindar dari aura kemunafikan sehingga tidak akan menjadi gajah diblangkoni, isa mojah ra isa nglakoni (menjadi tukang bicara kebaikan tetapi tidak menjadi pelakunya).
Ah, yang menghadirkan honorarium itu kata-kata dan bukan tindakan.

0 comments:

Post a Comment